Selasa, 10 Desember 2013

Masalah itu pun hadir..... #skripsi~ behind the Scene


Eng ingg Engg...... Haii blog! Kabar baik kan?
Syukur deh, alhamdulillahh....

Setelah berburu inspirasi yang membara, menyelam dalam lautan ingatan-ingatan yang melayang sesuka hati. Dengan kekuatan doa, langit, bulan dan bintang, #eh tentunya didongkrak dengan ikhtiar dan istikhoroh, ehem... ehmm..... saya sudah mendapatkan IDE !!! ahh nikmatnya pencerahan prilaku anak-anak didik saya selama PPL di sekolah.
Oia, sebenarnya saya mau bercerita tentang kabar bahagia, bahwa judul skripsi saya dalam ajuan K1 dan K2, sudah di ACC oleh ketua prodi, dan semoga K3 nya juga akan segara naik edar ke biro agar “resmi” sudah memiliki bandrol judul skripai, dosen pembimbing dan izin pembuatan proposalnya. Ahh, senanganya. #aaaaaaasenang #alhamdulillah.

Untuk ajuan K2 sebenarnya saya lebih bersemangat untuk menceritakannya, karana ini berhubungan dengan orang yang akan membimbing saya, ah bisa dibayakan, baik tidaknya skripsi saya nanti adalah hasil dari analisis, pendekatan Saya dan bimbingan dari Dosen Pembimbing, daaan untuk yang satu ini saya telah beristikhoroh untuk memilih Ketua Prodi kami yang baru, yaitu Ayahanda, Mhd. Isman.M.Pd.. Begini ya, sebanarnya Dosen kami ini adalah salah satu legenda di FKIP Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, semasa saya semester 1,2,3, dan 4,5 setiap kali ada yang menyebutkan nama beliau, selalu saja menimbulkan spekulasi yang berbeda dari setiap pribadi. Ya begitulah ada yang pro dan kontra gitu.. Tapi menurut saya, beliau dikenal sebagai pribadi yang "mewah" untuk urusan ilmu dan pribadi yang "wah" untuk urusan kesempatan waktu dan integritas. Beliau disiplin dan keren!. Saat Mata Pelajaran Metodologi Pendidikan di semester 6, beliau adalah dosen yang paling saya nantikan dan dambakan. Kemampuan transfer ilmunya sudah memikat diri saya untuk bergiat mempelajari Metopel,. Berkharisma! Ah iya, banyak dari teman saya juga ikut membenarkan spekulasi saya. And, you know what... beliau adalah termasuk salah satu dosen yang paling saya kagumi. Fix!. Ilmu dan kharisma beliaulah yang menjadikan saya yakin untuk memilihnya menjadi Dosen Pembimbing saya, semoga, skripsi saja kelak, menjadi hal baik dan berguna bagi pembelajaran diri saya dan orang lain yang membutuhkannya.

Hmmmph, berikutnya tentang K1, yaitu surat yang memuat 3 judul yang sudah dikuasai akar permasalahannya dan turut serta pilihan metode dan instrumen yang akan di teliti. Yap!! ada 3 judul, berarti 3 permasalahn dong ya? Hehee. Memang sudah ada 3 permasalahan yang sudah saya pikirkan dan renungkan. Tapi, saya hanya tertarik dengan satu permasalahan yang mengikat hati saya. Dengan temaram rasa bosan yang melanda sebelumnya saya terlonjak untuk bersemangat kembali, saya teringat dengan kebaikan guru pamong saya sewaktu PPL di sekolah. Dia pernah menunjukkan satu buku tentang menulis karya ilmaih, dalam buku itu ada membahas tentang Pengetahuan dan pengembangan Literasi. That's Right my choisee!! Saya akan membuat masalah dengan Literasi. Haha,
Oia, berhubung dari awal saya sudah menyinggung tentang literasi. Sebenarnya itu adalah korelasi dengan minat saya saaat ini. Saya terpikir dengan passion yang saya gandrungi sekarang, terang saja, saya kan lagi doyan banget nulis. Belum lagi jika persoalan baca-membaca, ahh tapi waktulah yang menyebabkan beberapa buku saya sepertinya yang sudah kesepian dari jamahan tangan saya untuk membuka lembaran-lembarannya.

Oia, tidak terkira perjuangan saya –lebay ya kata perjuangan nya? Hehe. Ini bukan main-main, ini berhubungna dengan harga diri. Saya diingatkan kembali tentang aroma tak sedap yang berhubungan dengan kekaguman saya dengan salah seorang dosen. Hm...saya sampai dikatakan ndablek. karena tetap ngeyel untuk meyakinkan beliau. Sayalah “Si keras kepala” dalam ingatannya. Bukan tentang masalah yang menjadi permaslahan saya, semangat dan pertahanan sayalah yang sedikit dibuat “babak belur” olehnya. Namun, hasilnya ternyata..... begitu bijak apa yang dilakuakn sang dosen saya yang cantik itu, hihi. Apa yang dilakukan sang dosen begitu bijaksana, karena setelah saya sadari saya memang kurang memahami spesifik masalah secara detail. Selama dua hari saya “mengeram” di dalam kamar dengan laptop dan buku mengkaji ulang tentang budaya literasi. Akhirnya, permasalahan yang saya miliki sudah fix, runcing dan tepat sasaran. Saya maju dengan percaya diri dan mendapat ACC tanpa “perlawanan” lagi. Karena sayalah striker utama yang berhasil mencetak gol. Haha, K1, K2 dan K3 sudah beres..... selanjutnya saya pun mengucapkan “semangat bekerja untuk proposal”. Bismillahhirrohmanirrahim..... J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar